Senin, 27 Juni 2011

Memahami bagian-bagian dari blogspot atau blogger

Biasanya, blog yang barusan saja dibuat pasti masih terdapat bagian-bagian dari blogspot yang terdiri dari 4 (empat) bagian yaitu diantaranya Navbar, Header, Blog Post, dan Sidebar. ke empat bagian tersebut selalu ada dalam sebuah blog yang dibuat dari Blogspot.com apapun jenis template yang digunakan. Terkait dengan hal tersebut. berikut penjelasan bagian-bagian yang ada pada blog.

  1. Navbar, merupakan bagian blog yang berbentuk kotak persegi panjang yang terletak pada posisi paling atas blog. Pada bagian ini, anda bisa menemukan 3 (tiga) link menu, yakni New Post(buat post baru), Customize, dan Sign Out(keluar). Keberadaan menu tersebut pada navbar berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat anda apabila ingin membuat post baru, mengedit elemen blog, dan keluar dari blog anda.
  2.  Header, merupakan bagian dari blog yang terletak di bawah navbar. Bagian ini menampilkan judul dan deskripsi blog. Anda tidak hanya mengubah warna dan jenis font serta background header saja, tetapi anda bisa memasukkan image atau gambar logo pada blog.
  3. Blog post, sesuai dengan namanya. bagian ini menampilkan post-post yang telah anda publikasikan ke dalam blog anda baik berupa artikel, gambar, maupun video. dibandingkan dengan bagian blog lainnya, area untuk bagian ini lebih luas karena blog post merupakan inti (content) dari sebuah blog.
  4. Sidebar, merupakan bagian dari blog yang bersebelahan dengan blog post. Bagian ini terletak di sisi kanan saja (1 sidebar kanan) atau kiri blog post (1sidebar kiri) atau disamping kanan blog post dan kiri blog post (sidebar kanan dan kiri) sesuai dengan template yang anda pilih. secara default, elemen dari sidebar yang muncul pada template standar yang disediakan blogspot adalah abaut me dan blog archive. Meskipun demikian, anda bisa menambahkan elemen lain ke dalam bagian ini, misalnya seperti shoutmix, slideshow, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Adsense Indonesia Paid Review Indonesia